Target Lunas PBB, Camat Trimurjo Panggil Kepala Kampung

200
Target-Lunas-PBB,-Camat-Trimurjo-Panggil-Kepala-Kampung-01
Saat Camat Trimurjo Lampung Tengah memberikan arahan pada Kakam yang belum mencapai lunas PBB. Foto : Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Tengah – Pemerintah Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, berupaya keras dalam memenuhi target pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pasalnya masih ada beberapa kampung yang belum capai target untuk merealisasikan hal itu, dirinya mengumpulkan sejumlah Kepala Kampung dan Lurah tersebut. Rabu (4-10-2017) di ruang kerjanya.

Camat Trimurjo Isti Suranto, S.Sos, M.M. mengatakan pihaknya terus melakukan sejumlah upaya untuk menggenjot potensi penerimaan PBB.

“Kami sudah meminta seluruh Aparatur Kampung untuk meminta bantuan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan pembayaran pajak kepada masyarakat. Hal itu kami lakukan demi tercapainya target yang diinginkan Bapak Bupati Lamteng, Dr.Ir.Hi. Mustafa,” kata Isti Suranto kepada Sebatin.com, Rabu 4/10/2017.

Lanjut Isti Suranto, untuk memotivasi serta meningkatkan kinerja para Kepala Kampung dan segenap jajarannya, agar lebih giat lagi untuk mengadakan penarikan lunas PBBl yang ia tempuh bila perlu memakai tenaga kolektor di lapangan agar bisa mencapai target PBB.

Pemerintah Kampung hanya memiliki waktu tiga bulan hingga jatuh masa tempo pada bulan Desember mendatang. Namun demikian, dirinya optimis pemerintahan Kampung dan masyarakat mampu mencapai target yang diinginkan, ujarnya.

Diakuinya, penagihan pembayaran PBB saat ini mengalami hambatan dan baru mencapai 63 persen, karena adanya kondisi pertanian di Kecamatan Trimurjo yang produksi panennya kurang maksimal atau gagal panen.

“Saya berharap kepada Kakam/Lurah dan jajarannya agar dapat menjadi teladan serta mengajak masyarakat untuk lebih antusias dalam membayar pajak, itu harus dimulai dari diri kalian dahulu sebagai panutannya,” ujarnya.

Walaupun kendala yang dihadapai cukup serius dalam pelunasan PBB, namun tidak menjadikan dirinya untuk pasrah, hal itu akan menjadi dorongan semangat untuk lebih memacu semangat melakukan penagihan secara intensif.

Diantara program yang dilakukan, selain selalu mensosialisasikan pentingnya membayar PBB untuk modal pembangunan, juga sanksi bila tidak membayar kewajibannya sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah.

Dirinya berharap akhir Desember Tahun 2017 ini, semua dapat diselesaikan hingga mencapai 100 persen. Pengakuan Isti Suranto selain gagal panen kendala yang selalu menghambat realisasi PBB diantaranya karena banyak pemilik lahan dan bangunan yang tinggal diluar Kecamatan Trimurjo, sehingga untuk mencari alamat pemilik lahan tersebut menyulitkan penagih pajak.

Target-Lunas-PBB,-Camat-Trimurjo-Panggil-Kepala-Kampung-02
Saat beberapa Kepala Kampung dan Lurah bersama jajarannya mengadakan pertemuan di ruang kerja Camat Trimurjo, Rabu (4-10-2017). Foto : Pur Sebatin.com

Lebih lanjut Isti Suranto menjelaskan bahwa Kecamatan Trimurjo memiliki 14 kampung dan 1 kelurahan, dimana penduduknya sekitar 80 persen dari hasil pertanian. Penagihan pajak dilakukan pada waktu masa petani panen raya, baik tanaman padi, singkong dan jagung serta panen palawijo.

“Setiap pertemuan dengan Kakam dan Lurah masalah PBB selalu menjadi buah bibir, begitu pula pertemuan antara aparat kampung dan kelurahan juga sama, dengan kata lain tiada hari tanpa bicara masalah PBB,” kata Isti Suranto.

(Pur)
Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda