Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Metro Lantik 66 Anggota PPS

0
Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Metro Lantik 66 Anggota PPS
KPU Kota Metro saat melantik 66 Anggota PPS, di Gedung Barakah Meeting Poin, Senin (15/06/20).

Sebatin.com, Kota Metro – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Kota Metro, yang sempat tertunda selama pandemik Covid-19 akhirnya dilanjutkan kembali. Hal itu ditandai dengan adanya pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro. Dilanjutkan pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh anggota PPS, di Gedung Barakah Meeting Poin dengan tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan, Senin (15/06/20).

“Kemarin sudah keluar surat KPT KPU Nomor 258 tahun 2020 yang berisi penetapan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020. Dengan begitu berarti surat KPT KPU Nomor 179 pada Maret lalu soal penundaan empat tahapan pilkada resmi dicabut. Yaitu penundaan pelantikan PPS, perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), verifikasi calon perseorangan, dan pemutakhiran data pemilih,” terang Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama.

Septa juga menjelaskan KPU Metro melantik PPS di 5 kecamatan se-Kota Metro. “Pelaksanaan pelantikan PPS ini memang merupakan salah satu tahapan yang terpaksa ditunda akibat pandemik Covid-19,” ujarnya.

Dan pelantikan PPS ini juga sekaligus sebagai awal dari dimulainya kembali tahapan Pilkada serentak 2020. Adapun total PPS yang dilantik hari ini sebanyak 66 orang, yang merupakan petugas Ad Hoc untuk di 22 kelurahan,” tambahnya.

Septa juga mengimbau kepada seluruh PPS yang dilantik agar mampu bekerja secara profesional. “Penting dan harus diperhatikan, dalam setiap tahapan Pilkada hari ini kita harus tetap patuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak demi menjaga sesama,” tuturnya.

Komisioner KPU Metro ini juga menjelaskan, dalam waktu dekat PPS akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.

“Sesuai tugas PPS seperti yang termaktub dalam Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020, dalam waktu dekat ini, tepatnya pada tanggal 24 Juni akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual dan bersama dengan itu juga akan ada pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),” papar Septa.

Terkait pelaksanaan Bimtek, Yunita Dewi Nurbaya, selaku Anggota KPU Metro menerangkan, bahwa pelaksanaan Bimtek dilakukan via darring. “Supaya lebih kondusif, pelaksanaan Bimtek PPS kali ini dilaksanakan melalui via daring untuk antisipasi adanya kerumunan,” pungkasnya.

Untuk diketahu, jumlah total PPS yang berhasil dilantik dari 5 kecamatan se-Kota Metro sebanyak 66 anggota, dengan perincian yaitu : Kecamatan Metro Pusat 15 anggota, Kecamatan Metro Timur 15 anggota, Kecamatan Metro Selatan 12 anggota, Kecamatan Metro Utara 12 anggota, dan Kecamatan Metro Barat 12 anggota. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda