Terendam Air, Puluhan Hektar Sawah Terancam Rusak

383
Terendam Air, Puluhan Hektar Sawah Terancam Rusak
Kondisi sawah yang terendam banjir. Foto: Arby - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Hujan yang mengguyur Kota Metro dari Senin sore hingga Selasa pagi tadi menyebabkan beberapa sungai dan anak sungai meluap sehingga menimbulkan genangan air yang membanjiri persawahan warga. Sedikitnya puluhan hektar sawah warga di bantaran sungai terancam rusak.

Dari pantauan Sebatin.com, Selasa Pagi (21/02/2017), di beberapa lokasi berbeda terlihat luapan air dari sungai yang menutupi areal persawahan warga.

Terendam Air, Puluhan Hektar Sawah Terancam Rusak 2
Tugu di area persawahan yang berbatasan langsung antara Metro Utara dan Metro Pusat terendam air. Foto: Arby – Sebatin.com

Salah seorang petani asal Metro Barat mengatakan, sawahnya kerap terendam air setiap hujan deras dalam waktu lama mengguyur Kota Metro.

“Tadi ini ya banjir, setiap hujan deresnya lama pasti banjir. Tingginya ya sampe ngerendem sawah ini, kalo hujannya kaya gini ya nanti siang malah sampai sore baru surut,” ujar Pardi saat dijumpai Sebatin.com di areal persawahan kecamatan Metro Barat, Selasa (21/02/2017).

Terendam Air, Puluhan Hektar Sawah Terancam Rusak 3
Pardi seorang petani asal Metro Barat. Foto: Arby – Sebatin.com

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Kepala Seksi Pencegahan Dan kesiapsiagaan, Alfajar Nasution mengatakan, hujan deras dengan intensitas tinggi tidak hanya dapat merendam areal persawahan namun juga merendam beberapa ruas jalan protokol hingga perumahan di Kota Metro.

“Jadi titik-titik yang ada di Kota Metro akibat hujan lebat yang sering kita alami itu ada di wilayah Metro Pusat, Metro Timur dan Barat. Kurang lebih ada lima sampai enam titik yang cukup parah. Sebetulnya yang terjadi itu adalah genangan karena hujan lebat, tapi tidak menutup kemungkinan jika kita biarkan, ke depan itu akan jadi permasalahan tersendiri,” ujarnya saat dijumpai Sebatin.com di ruang kerjanya, Selasa (21/02/2017).

Terendam Air, Puluhan Hektar Sawah Terancam Rusak 4
Kepala Seksi Pencegahan Dan kesiapsiagaan BPBD Kota Metro Alfajar Nasution. Foto: Arby – Sebatin.com

Dirinya juga menyampaikan pesan dari Wali dan Wakil Wali Kota Metro untuk dapat memperhatikan sistem drainase agar tidak ada sumbatan sampah yang dapat menggenangi jalan hingga persawahan.

“Jadi memang intensitas cuaca yang akhir-ahir ini sering hujan lebat mengakibatkan genangan banjir. Kita sudah berkoordinasi hasil peninjauan Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang sering turun kelapangan, pesan mereka agar lebih memperhatikan sistem drainase yang ada di Kota Metro,” ucapnya.

Menurutnya, Kota Metro memerlukan peta sistem drainase guna mengetahui dan mengantisipasi curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan genangan air cukup besar.

“Saya sempat berdiskusi dengan teman-teman di Dinas PU, alangkah baiknya kita memiliki sebuah peta sistem drainase di Kota Metro, jadi kita lebih tau upaya dan langkah apa yang bisa kita lakukan dalam mengantisipasi banjir yang lebih besar lagi. Selama inikan kita tidak tahu, bisa kita bayangkan ketika membangun dan menggali membuat selokan tapi kita tidak tau kemana ngalirnya, itu yang menjadi permasalahan tersendiri,” kata dia.

(Arby)

Tinggalkan Komentar Anda