Terima Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI, Pemprov Lampung Berharap Aspirasi Masyarakat dan Pemerintah Setempat Dapat Diperjuangkan di Forum Nasional

7
Terima-Kunjungan-Kerja-Komisi-II-DPR-RI,-Pemprov-Lampung-Berharap-Aspirasi-Masyarakat-dan-Pemerintah-Setempat-Dapat-Diperjuangkan-di-Forum-Nasional
Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung, Taufik Hidayat, saat menerima Kunker Komisi II DPR RI di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Lampung, Jumat (2/11/18).

Sebatin.com, Bandar Lampung – Komisi II DPR RI meminta kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung dalam menyambut Pemilu dan Pilpres 2019.

“Kita mau tahu kesiapan KPU dan Bawaslu dalam menghadapi pemilu serentak, karena ini bukan hal sederahana. Begitu pun juga, bagaimana kesiapan Pemprov Lampung untuk mengoordinasikan terhadap kepemilikan KTP Elektronik (KTP-el) sebagai syarat mutlak memilih,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Herman Khaeron selaku Ketua TIM Delegasi Kunjungan Komisi II DPR RI ke Provinsi Lampung, di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Lampung, Jumat (2/11/18).

Tidak hanya itu, Herman juga menjelaskan, bahwa kedatangannya ke Lampung juga terkait penanganan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Provinsi Lampung. Dan menyoroti evaluasi Hak Guna Usaha (HGU) yang sekarang dikelola baik oleh BUMN maupun korporasi swasta

Ditambahkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Taufik Hidayat, mewakili Gubernur Lampung, yang mengatakan, bahwa kedatangan Komisi II DPR RI tersebut juga dalam rangka turut membahas terkait implementasi Undang-Undang Pemerintah Daerah, Perda Tata Ruang, Implementasi Undang-Undang Desa dan, Penerimaan CPNS. Dan dilanjutkan dengan mengadakan pertemuan dan kunjungan dengan Instansi Vertikal Provinsi Lampung. “Kiranya data maupun informasi akurat yang diperoleh melalui kunjungan kerja ini, baik yang menyangkut aspirasi masyarakat maupun dari instansi terkait di lingkungan Pemprov Lampung, dapat dijadikan bahan masukan untuk memperjuangkan daerah dan masyarakat Lampung di forum Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi terhadap kepemilikan KTP-el di Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh, mengatakan, untuk Lampung, kepemilikan KTP-el saat ini pada posisi 91%. “Sembilan persen lagi akan kita kejar dengan beberapa inovasi yang memang kami telah diberikan kebijaksanaan dari Kemendagri,” katanya.

“Inovasi tersebut, salah satunya dengan melaksanakan kegaiatan perekaman di kabupaten/kota termasuk melakukan jemput bola (mendatangi) di tempat-tempat keramaian. Sebagai contoh melakukan perekaman KTP-el di Lampung Fair 2018, reaksi masyarakat juga antusias,” jelas Achmad Saefulloh.

Selain itu, sambung Achmad Saefulloh, Disdukcapil Provinsi Lampung juga melakukan evaluasi dan pembinaan langsung kepada masyarakat di Kabupaten/Kota. “Ada masyarakat sudah tahu terhadap pelaksanaan KTP-el tapi masih tidak dilaksanakan dengan alasan tidak sempat, kami berikan pembinaan,” tandasnya.

(*)

Tinggalkan Komentar Anda