Tiga (3) Tahun Berturut-Turut Pemprov Lampung Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

373
Tiga (3) Tahun Berturut-Turut Pemprov Lampung Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE)
Kepala BPPPA Provinsi Lampung Dewi Budi Utami, mewakili Pemprov Lampung saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama 2016, di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu (21/12/2016). Foto : Kominfo Provinsi Lampung

Sebatin.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi Lampung berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama 2016. Penghargaan bergengsi dari Kementerian Pember¬dayaan Perempuan dan Perlin¬dungan Anak ini telah tiga (3) tahun berturut-turut berhasil di terima oleh Pemprov Lampung.

Penghargaan APE Tingkat Utama 2016 tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, kepada Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Dewi Budi Utami di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu (21/12/2016).

Menteri PPPA, Yohana Yembise mengatakan bahwa penghargaan APE diberikan dalam rangka pengakuan dari pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang telah melaksanakan pemba¬ngu¬nan terhadap Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“APE yang telah diberikan menjadi wahana untuk meng¬evaluasi dan mengukur kemajuan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Indonesia. APE mem-berikan gambaran nyata apa yang telah dilakukan di tingkat nasio¬nal dan daerah”, jelas Yohana Yembise.

Sementara itu, Dewi Budi Utami melalui Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menjelaskan, Penghargaan APE sendiri diberikan atas dasar penilaian In¬deks Pembangunan Gender (IPG). Sedangkan IPG diukur dari empat (4) indikator yaitu angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama seko¬lah, dan pendapatan berdasarkan daya beli masyarakat pada suatu daerah

Lanjutnya, di samping Provinsi Lampung, penghargaan serupa juga diberikan kepada Provinsi Sumatera Selatan, Banten dan Sulawesi Selatan. Juga 12 Kementerian/Lem¬baga dan 84 Peme¬rintah Kabupaten/Kota. Penghar¬gaan APE sendiri diselenggarakan pada setiap dua (2) tahun.

(Kominfo Provinsi Lampung)

Tinggalkan Komentar Anda