Tiga Sekolah di Kota Metro Raih Penghargaan Adiwiyata

413
Tiga-Sekolah-Di-Kota-Metro-Raih-Penghargaan-Adiwiyata-01
Saat Kadis Lingkungan Hidup Kota Metro, Ir. Eka Irianta foto bersama ke tiga sekolah peraih penghargaan Adiwiyata. Foto: Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Tiga Sekolah di Kota Metro menerima penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Lampung Tahun 2017, yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kota Metro, Ir. Eka Irianta. Adapun sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro, Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Metro Pusat dan SD Negeri 4 Metro Utara.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Metro, Ir. Eka Irianta mengatakan, ketiga sekolah tersebut sudah memenuhi empat kriteria penilaian, yakni, sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan dan kegiatan partisipasi berbasis lingkungan serta sarana dan prasarana lingkungan di sekolah. Sebelumnya ketiga sekolah ini meraih adiwiyata tingkat Provinsi Lampung dan ke depannya, ketiga sekolah ini akan kami ajukan ketingkat pusat pada tahun 2018 mendatang, kata Eka Irianta kepada Sebatin.com, Selasa (3-10-2017) di ruang kerjanya.

Tiga-Sekolah-Di-Kota-Metro-Raih-Penghargaan-Adiwiyata-02
Saat Kadis Lingkungan Hidup Kota Metro Ir. Eka Irianta diwawancarai Sebatin.com diruang Kerjanya.  Foto : Pur Sebatin.com

Lanjut Eka Irianta, bahwa sekolah yang mendapatkan adiwiyata ada­lah bonus atas kerja keras ketiga lembaga pendidikan dalam meng­upa­yakan kelestarian lingkungan hi­dup serta upaya untuk mendidik sis­wa lewat kurikulum, penyediaan sara­na pendukung ramah lingkungan, mau­pun berbagai kegiatan parti­si­patif guna menjaga ekosistim lem­baga pendidikan sehingga tetap ter­pelihara secara baik.

Keberhasilan ke-ti­ga sekolah di tahun ini, tentunya akan memotivasi sekolah lainnya mau­pun lingkungan masyarakat di kota Metro utuk lebih meningkatkan bu­daya ramah lingkungan serta mewujudkan prestasi yang sama bahkan lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang.

“Oleh karena itu, melalui momentum penyerahan penghargaan adiwiyata ini dapat mendorong kita semua untuk mensukseskan pelaksanaan program adiwiyata yang memang sangat penting bagi kelangsungan hidup, memiliki lingkungan yang bersih,” ujarnya.

Menurutnya, dengan melihat kondisi lingkungan yang rusak maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk selalu mengkampanyekan dan mensosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup kepada masyarakat termasuk lingkungan sekolah.

Lanjut Eka Irianta, kita harus mengembangkan program Adiwiyata agar dapat menumbuhkan kepedulian, komitmen untuk melindungi, memperbaiki serta memanfaatkan lingkungan hidup secara bijaksana, menciptakan pola perilaku baru yang bersahabat dengan lingkungan hidup, mengembangkan etika lingkungan hidup dan memperbaiki kualitas hidup

Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak untuk bersama-sama memikul tanggungjawab yang besar dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, serta sekaligus menyelamatkan bumi kita, dengan kesadaran terhadap lingkungan dari berbagai lapisan saat ini masyarakat mulai menunjukan peningkatan yang berarti, walaupun secara umum kesadaran ini masih bersifat pasif.

Kesadaran aktif dan memiliki militansi yang tinggi, baru muncul khususnya pada wilayah-wilayah dimana masyarakat yang secara langsung terkena dampak dan menderita akibat pencemaran atau perusakan lingkungan. Diharapkan melalui program adiwiyata, kita bisa menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah dan pekerja lainnya, sehingga di kemudian hari warga sekolah dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan, kata Eka Irianta.

(Pur)

Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda