Tim Kesrak Kota Metro Nilai Kelurahan Metro Dalam Lomba Kesrak PKK KB dan Kesehatan

711
Tim Kesrak Kota Metro Nilai Kelurahan Metro Dalam Lomba Kesrak PKK KB dan Kesehatan 01
Pembukaan Penilaian Tim Kesrak Kota Metro di Aula Kelurahan Metro, Rabu (05/10/2016). Foto: Willi - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Rombongan tim penilai lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK KB menilai Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat dalam lomba Kesrak PKK, KB, Kesehatan Tingkat Kota Metro Tahun 2016. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penilai, Camat Metro Pusat, Lurah Kelurahan Metro, Ketua TP-PKK Kelurahan Metro, Kepala Puskesmas Metro, para kader, dan masyarakat Kelurahan Metro, Rabu (05/10/2016).

Lurah Metro, Robby K Saputra, S.P., M.Si. menjelaskan, di kelurahannya ada beberapa item yang dinilai, yakni Posko PKK, Posko PKDRT, PHBS, Posyandu, Toga, dan Rumah Sehat. Menurutnya, antusiasme kader PKK, Posyandu, PKDRT, dan kader lainnya untuk mempersiapkan lomba terbilang sangat baik.

Dalam lomba ini, kata dia, yang dipersiapkan yakni administrasi PKK, Dasawisma, dan lainnya.

”Sebenarnya kegiatan itu ada. Tetapi tidak ada pembukuan, administrasi, laporannya. Jadi, kedepan bisa dibuat laporannya,” katanya.

Tim Kesrak Kota Metro Nilai Kelurahan Metro Dalam Lomba Kesrak PKK KB dan Kesehatan 02
Tim Penilai Kesrak Kota Metro sedang menilai UP2K Kelurahan Metro, Rabu (05/10/2016). Foto: Willi – sebatin.com

Dengan adanya lomba ini, tambahnya, para kader jadi terpacu untuk lebih baik lagi dalam mengelola Posyandu, PKK, dan lainnya. Juga, bukan hanya ketika lomba saja, tetapi juga ketika tidak menghadapi lomba.

”Kita upayakan PKK, KB, dan bidang Kesehatan bisa bersinergi dan berkoordinasi. Dan jangan hanya sewaktu lomba saja, tetapi tetap sewaktu tidak lomba pun juga,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Kelurahan Metro memiliki potensi yang bisa terus dikembangkan. Seperti sentra jajanan pasar, dan lainnya.

”Dan kalau melihat jumlah warga yang banyak, kita bisa bentuk koperasi dengan input dana dari warga. Sektor ekonomi memang kuat di sini, karena mayoritas warga berprofesi sebagai pedagang,” jelasnya.

Tim Kesrak Kota Metro Nilai Kelurahan Metro Dalam Lomba Kesrak PKK KB dan Kesehatan 03
Lurah Metro, Robby K Saputra, S.P., M.Si. Foto : Willi – Sebatin.com

Ia berharap agar tim penilai dapat melakukan penilaian secara objektif serta memberikan masukan-masukan untuk kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi.

”Kalau baik nilailah baik, kalau kurang nilailah kurang. Dan kami juga perlu adanya masukan dari tim penilai agar bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara, Ketua Tim Penilai Drg. Erla Andrianti menjelaskan, dalam lomba Kesrak PKK KB Kesehatan, 4 item yang akan dinilai. Yakni, pelaksanaan PHBS, LBS, Posyandu, dan PKK.

”Penilaian ini diharapkan bukan hanya adanya pemenang, tetapi diharapkan akan adanya perubahan yang lebih baik menuju Metro sehat, Metro pendidikan, dan wisata keluarga berbasis ekonomi kerakyatan berlandaskan pembangunan partisipatif,” papar Erla.

(dra)

Tinggalkan Komentar Anda