Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMPN 1 Kibang Gratiskan Biaya Siswa Kurang Mampu

316
Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMPN 1 Kibang Gratiskan Biaya Siswa Kurang Mampu
Suasana rumah tempat tinggal siswi kurang mampu yang disambangi pihak sekolah. Photo : Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kibang terus memperbaiki mutu pendidikan dan memberikan perhatian lebih dengan membebaskan seluruh biaya sekolah bagi siswa kurang mampu.

Kepala SMPN Kibang, Sri Suhartini, S.Pd., M.M. kepada sebatin.com Selasa (12-09-2017) menuturkan guna meningkatkan mutu pendidikan selalu mengedepankan kualitas dan mutu pendidikan yang unggul kepada setiap siswa-siswinya. Perbagai program telah dicanangkan disekolah ini, salah satunya adalah silahturahmi kerumah siswa – siswinya untuk memantau perkembangan pendidikan mereka, kata Sri Suhartini

Menurutnya, berdasarkan peninjauan di lapangan bahwa pelaksanaan sekolah gratis menjadikan para siswa tenang dalam belajar, karena tidak memikirkan biaya. Para siswa juga lebih aktif mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti drumband, paskibra, pramuka, olahraga, seni budaya dan lain sebagianya.

Lanjut Sri Suhartini, mengatakan tidak boleh ada lagi siswa – siswinya putus sekolah diakibatkan karena orang tuanya tidak mampu membiayai anaknya, maka pembebasan biaya sekolah tersebut sebagai solusi untuk membantu orang tua, karena saat ini, sudah ada biaya yang digelontorkan oleh Pemerintah untuk membantu pendidikan seperti dana BOS, dana KIP dan yang lainya.

“Program itu sangat membantu anak didik, terutama mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu, banyak anak yang berprestasi namun tak memiliki biaya, maka program itu sangat bermanfaat,” katanya.

Belum lama ini Sri Suhartini, memberi mandat kepada dua orang dewan guru, yakni Wiji Utami,S.Pd dan Muji Kawitri,S.Pd, untuk menyambangi rumah salah seorang siswinya yang sudah beberapa hari tidak mengikuti pelajaran disekolah, hal ini dilakukan untuk mengetahui apa penyebab siswinya tidak masuk sekolah.

Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMPN 1 Kibang Gratiskan Biaya Siswa Kurang Mampu
Kepala SMPN Kibang, Sri Suhartini, Spd. M.M. foto bersama dewan guru yang ikut serta mensukseskan dunia pendidikan. Photo : Pur Sebatin.com

Disaat kedua dewan guru Wiji Utami dan Muji Kawitri berkunjung untuk bersilaturahmi kerumah Hariyanto dan Suryani orang tua siswi Putri Puspitasari, di Dusun VIII Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur, ternyata siswi tersebut yang beberapa hari tidak masuk sekolah lantaran
tengah membantu kedua orang tuanya bekerja supaya mendapat uang untuk membeli seragam sekolah.

Keduanya dewan guru merasa prihatin, dengan kondisi ekonomi keluarga siswi tersebut, selain menempati rumah geribik yang berukuran 4x6m penghasilan ayah dari siswinya hanya sebagai buruh penyedot pasir, sedangkan ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga. Sudah barang tentu dengan pengasilan yang sangat minim Hariyanto tidak mampu mencukupi kebutuhan keluarganya termasuk biaya sekolah putinya,” ucapnya.

Dengan adanya sekolah gratis bagi siswa kurang mampu, Sri juga mengatakan, program tersebut sanggup menjadikan pendidikan bisa dirasakan merata oleh masyarakat tanpa pandang status sosial atau apu pun itu. Bahkan program itu sukses menarik antusias warga untuk menyekolahkan anaknya, sehingga setiap tahunnya angka partisipasi murni terus mengalami peningkatan.

Kami juga berharap agar program tersebut dapat diketahui semua orang tua, agar mereka segera bisa menyekolahkan anaknya tanpa bingung biaya, tutup Sri Suhartini.

(Pur)
Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda