Tingkatkan Pendapatan Daerah, BPPRD Gelar Pekan Panutan PBB-P2

243
Tingkatkan Pendapatan Daerah, BPPRD Gelar Pekan Panutan PBB-P2
Wali Kota Metro Achmad Pairin didampingi Kepala BPPRD Ari Joko Arwoko memukul gong tanda dibukanya Pekan Panutan PBB-P2, Kamis (30/03/2017). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Guna meningkatkan pendapatan daerah, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Metro menggelar Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkantoran (PBB-P2) di halaman BPPRD Kota Metro, Kamis (30/03/2017).

Kepala BPPRD Arif Joko Arwoko mengatakan, target perolehan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) di 2017 sebesar Rp. 3,289 miliar. Di mana, dari jumlah tersebut hingga 27 Maret 2017 telah terealisasi sebesar Rp. 347.867.713 atau 10,57 persen.

Di tahun 2017 ini, kata dia, BPPRD pun telah mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 sebanyak 50.637 lembar dengan nilai Rp. 3.289.134.214.

”Jumlah tersebut bertambah 910 lembar SPPT dari 2016 dengan nilai mencapai Rp. 325 juta. Dan SPPT tersebut telah kami distribusikan melalui kelurahan se-Kota Metro,” paparnya.

Untuk realisasi PAD Kota Metro, lanjut Arif, hingga 27 Maret 2017 sebesar 16,57 persen dan telah melebihi target pada triwulan I sebesar 15 persen.

”Selain itu kami pun telah mengupayakan penagihan atas PBB terhutang dan pendataan ulang atas 56 menara telekomunikasi di Kota Metro dalam rangka peningkatan PAD,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pekan Panutan PBB-P2 kali ini terbagi menjadi tiga agenda kegiatan. Di awali pada Rabu (29/03/2017), ditujukan bagi pejabat eselon III dan IV untuk membayar PBB-P2 di halaman BPPRD. Kemudian Kamis (30/03/2017) merupakan kegiatan puncak Pekan Panutan PBB-P2 juga di halaman BPPRD Kota Metro. Selanjutnya Pekan Panutan di 22 kelurahan se-Kota Metro yang waktunya belum ditentukan.

Pada kesempatan ini BPPRD juga memberikan reward berupa satu unit komputer kepada kelurahan yang berhasil merealisasikan PBB-P2 sebesar 85 persen.

“Ada tujuh kelurahan yang menerima reward ini, yaitu Kelurahan Metro, Iringmulyo, Imopuro, Banjarsari, Purwoasri, Margodadi, dan Sumbersari,” bebernya.

Tingkatkan Pendapatan Daerah, BPPRD Gelar Pekan Panutan PBB-P2 2
Wali Kota Metro Achmad Pairin mengawali pembayaran PBB-P2, Kamis (30/03/2017). Foto: Hendra – Sebatin.com

Sementara itu, Wali Kota Kota Metro Achmad Pairin mengaku optimistis target PBB-P2 mampu tercapai. Dengan catatan, harus bekerja keras dan motivasi yang tinggi dari segenap unsur pemerintah dan masyarakat.

”Pencapaian target PBB Tahun 2017 ini dirasakan cukup berat, namun saya yakin dan percaya, apabila dengan kerja keras dan motivasi maka pencapaian target tersebut dapat kita realisasikan bersama,” katanya dalam sambutan.

Pemkot Metro juga berupaya untuk memberikan rangsangan dan motivasi pada kelurahan-kelurahan dengan memberikan reward berupa 1 unit komputer guna menunjang kinerja di kelurahan khususnya dalam pengelolaan PBB-P2.

”Saya ucapkan selamat kepada 7 kelurahan yang pada hari ini mendapatkan penghargaan. Saya berharap, melalui program pemberian penghargaan ini, hendaknya dapat menjadi motivasi dan semangat kita bersama, khususnya bagi segenap petugas PPB untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat,” ucapnya.

Dirinya meminta, kepada para camat dan lurah agar dapat memonitor perkembangan di lapangan, sehingga target penerimaan PBB dapat terealisasi. Sebagai tahap awal agar dapat melanjutkan Program Pekan Panutan PBB ini sampai ke tingkat Kelurahan, para lurah diharapkan dapat segera menyampaikan SPPT PBB yang telah dibagikan pada warganya, agar Wajib Pajak dapat melakukan pembayaran sedini mungkin.

”Kepada seluruh warga Kota Metro yang pada hari ini telah melakukan pembayaran PBB-P2 tahun 2017, saya ucapkan terima kasih. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah membantu guna terlaksananya Sistem Pembayaran PBB secara Online di Kota Metro. Kepada PT. Bank Lampung Pusat dan PT. Bank Lampung Cabang Metro atas kerja samanya, guna mendukung suksesnya sistem Pembayaran PBB secara online di Kota Metro,” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda