Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu Anda Tahu

623
Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Perlu Anda Tahu
Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Perlu Anda Tahu. Ilustrasi - Sebatin.com

Sebatin.com – Ada beberapa tips mudah dalam menjaga kesehatan mata, Anda ingin tahu? Silakan simak informasi berikut ini. Mata merupakan salah satu indera yang memiliki peranan sangat besar bagi kehidupan manusia. Dengan mata, Anda dapat melihat segala sesuatu yang ada di sekeliling Anda, seperti memandang keindahan alam, menatap wajah rupawan pasangan, melihat senyum manis putera-puteri Anda, dan banyak lagi. Mengingat betapa pentingnya fungsi mata, maka sudah sepatutnya kita senantiasa menjaga kesehatan mata agar tidak terganggu fungsinya.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anda

Di bawah ini merupakan beberapa ulasan mengenai tips menjaga kesehatan mata yang perlu Anda tahu. Silakan Anda simak, semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

A. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Mata

Makanan yang baik bagi kesehatan mata adalah makanan yang kaya akan vitamin A. Anda bisa mendapatkan makanan tersebut dari berbagai jenis buah dan sayuran, seperti wortel, tomat, bayam, buah naga, alpukat, pisang, papaya, brokoli, dan lain sebagainya. Selain itu, telur dan daging ikan salmon juga sangat baik bagi kesehatan mata. Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut agar kesehatan mata Anda senantiasa terjaga dengan baik.

B. Jaga Jarak Baca

Bagi sebagian orang, membaca merupakan sebuah kegiatan yang cukup menyenangkan, baik membaca buku, majalah, koran, atau sekadar mengamati status-status teman Anda di media sosial melalui layar gadget. Tapi perlu diingat! Jangan sampai hobby Anda tersebut malah mengganggu kesehatan mata Anda. Agar hobby membaca tetap menyenangkan dan sekaligus aman bagi kesehatan mata Anda, ada baiknya jika Anda senantiasa menjaga jarak baca pada posisi yang paling nyaman di mata. Jangan membaca terlalu dekat, karena hal itu dapat menimbulkan ketegangan dan kelelahan pada mata Anda. Tips lain, gunakan penerangan yang cukup ketika Anda sedang membaca serta jangan membaca sambil tiduran.

C. Jangan Terlalu Lama di Depan Layar Komputer/Televisi

Komputer dan televisi adalah sumber hiburan yang seakan tiada habisnya, sehingga banyak orang yang sering kali terlena ketika berhadapan dengan kedua kotak ajaib tersebut. Namun, demi menjaga kesehatan indera penglihatan Anda, sebaiknya ketika Anda menonton tivi atau sedang browsing di laptop/komputer, usahakan setiap 1 sampai 2 jam sekali Anda beranjak dari tempat duduk dan lakukan aktivitas berjalan selama 5 sampai 10 menit. Hal ini sangat penting dilakukan demi menyegarkan penglihatan Anda serta mencegah ketegangan mata akibat fokus terlalu lama pada satu titik.

D. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Berdasarkan hasil penelitian, olahraga memiliki khasiat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, dengan berolahraga mampu menurunkan ketegangan pada mata, sehingga akan mengurangi resiko Glaukoma yang merupakan salah satu penyebab kebutaan. Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga, seperti lari pagi, jalan santai, senam, dan lain sebagainya.

E. Periksa Kesehatan Mata Secara Rutin

Memeriksakan mata secara rutin kepada dokter spesialis mata adalah suatu hal yang semestinya Anda lakukan. Hal ini demi meminimalisir terjadinya berbagai macam resiko gangguan mata yang bisa saja Anda alami. Sebab, jika memang timbul masalah pada mata Anda, maka dokter dapat mengetahuinya secara lebih dini, sehingga dokter bisa segera melakukan langkah pengobatan.

F. Hindari Debu dan Sinar Ultraviolet

Tahukah Anda, bahwa debu dan sinar ultraviolet dapat merusak mata Anda? Jika mata sering kemasukan debu, maka hal itu bisa menimbulkan infeksi dan juga penyakit katarak. Sedangkan jika mata Anda sering terpapar sinar ultraviolet, resiko yang biasanya muncul adalah terjadinya pengerasan pada lensa mata, penyakit katarak, dan juga penurunan daya penglihatan akibat terjadinya gangguan pada pusat retina. Oleh karena itu, untuk menghindari berbagai macam bahaya dari debu dan sinar ultraviolet tersebut, maka solusi yang paling tepat adalah dengan memakai kacamata. Selain dapat melindungi mata Anda, kacamata yang tepat juga mampu membuat penampilan Anda jauh lebih menarik dari sebelumnya. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda