Tips Perawatan Kendaraan Sepeda Motor di Musim Penghujan

314
Tips Perawatan Kendaraan Sepeda Motor di Musim Penghujan
Ilustrasi: Twitter

Sebatin.com – Curah hujan yang pada akhir-akhir ini terus meningkat dan mengakibatkan genangan air di mana-mana, membuat para pengguna sepeda motor wajib berhati-hati saat berkendara. Selain itu, sebagai pemilik kendaraan bermotor perawatan ekstra musti dilakukan agar kendaran tetap berfungsi secara optimal.

Memberikan perawatan yang tepat dan berkala kepada sepeda motor saat musim penghujan adalah suatu hal yang penting. Adapun perawatan yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Cuci motor dengan air sumur setelah terkena air hujan, dikarenakan air hujan mengandung zat asam yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan karat.
  2. Periksalah ban kendaraan Anda, apakah masih layak atau tidak? Karena ban yang sudah gundul akan menjadi licin ketika hujan, hal ini tentunya akan berakibat fatal dan dapat membahayakan pengendara.
  3. Memeriksa kondisi rantai sebelum berkendara, hal ini penting dilakukan karena rantai yang terkena air hujan akan mudah berkarat dan dapat menyebabkan rantai putus.

Demikianlah tips perawatan kendaraan sepeda motor di musim penghujan yang dapat anda lakukan sendiri. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk itu bawalah kendaraan anda ke bengkel-bengkel untuk dilakukan pemeriksaan. (Ari)

Tinggalkan Komentar Anda