Tondi Nasution : Wacana WiFi Gratis Dititik Strategis Kota Metro

561
Tondi Nasution Wacana WiFi Gratis Dititik Strategis Kota Metro
Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Tondi Nasution. Foto : Facebook

Sebatin.com, Kota Metro – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro Tondi Nasution, mempunyai wacana pemasangan fasilitas akses internet nirkabel (Wireless Fidelity/WiFi) gratis dititik-titik strategis di seluruh wilayah Kota Metro.

Pemasangan WiFi ini, dimaksudkan sebagai sarana penunjang Kota Metro sebagai Kota Pendidikan yang unggul dengan masyarakatnya yang sejahtera. Dimana nantinya, layanan WiFi gratis terhadap masyarakat ini akan ditempatkan pada tempat-tempat yang biasa dikunjungi oleh masyarakat sebagai wisata keluarga, seperti Taman Merdeka, Lapangan Samber, Lapangan Kampus 15A, Lapangan 22 Hadimulyo Metro Pusat, Lapangan 16 C Metro Barat dan tempat-tempat strategis lainnya.

“Ini juga dapat dijadikan sebuah wahana bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi sebagi layanan gratis, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini sebagi wahana penunjang belajar. Jadi masyarakat kita dapat mengakses tehnologi lebih mudah serta terjangkau dan ini merupakan layanan public,” ujar Tondi yang juga Ketua Fraksi Golkar, Selasa (15/11/2016) lalu.

Tondi mengungkapkan, terkait anggaran pemasangan WiFi di lokasi strategis, dapat dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dimana hal itu dapat disisihkan dari anggaran belanja langsung yang bersumber dari masyarakat. Selain dipasang di tempat-tempat strategis, perangkat WiFi itu dapat dipasangan di perkantoran atau rumah dinas, seperti lokasi Taman Merdeka perangkat WiFi dipasang di Rumah Dinas Walikota atau Rumah Dinas Ketua DPRD, di Lapangan Samber perangkat dapat dipasang di Pos Pantau atau sekolahyang ada di sekitar.

Dicontohkannya, biaya untuk pemasangan WiFi, dapat diambilkan dari anggaran untuk infrastruktur . Menurutnya, jika setiap tahun hanya mengganggarkan untuk Infrastruktur, maka layanan terhadap masyarakat dibidang yang lain akan tertinggal .

“Anggaran untuk pembangunan jalan masih bisa kita tinjau kembali, kita akan anggarkan biaya untuk perbaikan jalan dititik-titik yang memang betul-betul dibutuhkan dan segera untuk diperbaiki. Dari situlah kita dapat menyisihkan anggaran untuk pelayanan masyarakat dibidang yang lainnya seperti pemasangan WiFi ditempat-tempat strategis, toh kondisi jalan kita saat ini masih bagus-bagus,” ungkapnya.

Selain sebagai lokasi wisata keluarga, tambahnya, tempat tersebut nantinya dapat dijadikan sebagi lokasi kunjungan bagi warga dari daerah lain. Kemudian kedepannya secara bertahap bisa juga dipasang WiFi gratis di Kantor Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas. Kendati demikian, pihaknya masih akan berkordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Kominfo, Pendidikan dan Anggota DPRD yang duduk di badan anggaran.

“Kita akan coba konsultasikan ini semua dengan pihak terkait. Masalah anggaran nanti bisa kita bicarakan, misalnya berapa angggaran untuk beberapa titik pemasangan WiFi dibutuhkan pertahunnya nanti kita bahas bersama,” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda