Upaya Pemkab Mediasi PT. San Xiong dan Karyawan Belum Dapatkan Titik Temu

5
Perwakilan pegawai dan pihak perusahaan PT. San Xiong Steel yang bergerak dibidang peleburan besi dipertemukan dengan Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto di kantornya, Selasa (20/02/18). Foto : Kurdy - Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Selatan – Sejumlah perwakilan pegawai dan pihak perusahaan PT. San Xiong Steel yang bergerak dibidang peleburan besi dipertemukan dengan Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto di kantornya, Selasa (20/02/18).

Pertemuan yang juga dihadiri oleh sejumlah satker seperti Pol PP, Disnaker, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) dan dinas  Perizinan itu membahas tentang permaslahan PT. San Xiong Steel yang telah ditutup sementara lantaran kerap memakan korban pada saat proses peleburan besi, belum jelasnya uang santunan untuk korban kecelakaan dan perizinan di perusahaan yang berada di Kecamatan Katibung Lampung selatan itu.

Selain berbagai macam permasalahan, seperti  izin dan limbah perusahaan yang belum juga selesai, para pegawai PT. San Xiong Steel juga meminta kepada perusahaan untuk memperhatikan status karyawan di perusahaan milik warga negara China tersebut.

Mereka juga menuntut perusahaan tersebut untuk segera mengeluarkan kebijakan untuk mengngkat karyawan harian lepas, menjadi karyawan tetap.

“Status karyawan di perusahaan San Xiong Steel selama ini belum jelas, semua karyawan hanya berstatus karyawan harian lepas, tidak ada yang berstatus karyawan tetap,” kata Iwan Tulus slah satu pekerja di perusahaan tersebut.

Mendengar hal itu, Nanang Ermanto juga meminta kepada perusahaan untuk lebih memperhatikan karyawannya, terlebih bagi karyawan yang telah bekerja cukup lama diperusahaan tersebut.

“Saya minta status mereka ini jelas, itu yang mereka (buruh) minta. Saya minta management bisa menghitung berapa karyawan yang akan diangkat jadi pegawai tetap,” kata Wakil Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.

Sementara saat ditanya oleh awak media apakan akan menyetujui permintaan dari para pegawai perusahaan tersebut, pihak perusahaan belum mau berkomentar banyak.

“Iya iya iya,” kata HRD PT. San Xiong Steel, Klara, sambil meninggalkan wartawan.

Reporter : Kurdy
Editor     : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda