UPT-PKB Kota Metro Optimis Lampaui Target Untuk Sumbang PAD

192
UPT-PKB Kota Metro Optimis Lampaui Target Untuk Sumbang PAD 01
Kantor UPT pengujian kendaraan bermotor Dishub Kota Metro. Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari perolehan retribusi dan pengujian KIR kendaraan bermotor roda empat melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Metro pada tahun 2017 ini, optimis mencapai target dari ketentuan yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Metro, yakni Rp. 95.000.000 per tahun-nya.

Kepala UPT PKB Kota Metro, Saparudin melalui Kassubag UPT Pengujian, Sopian Mega diruang kerjanya mengatakan, bahwa UPT PKB optimis target perolehan PAD dari uji KIR tercapai bahkan over target. Sebabnya, hasil perolehan pada bulan Mei 2017 sudah mencapai 61,2 persen atau tercapai Rp 58. 532.000.

“Kalau target dari BPPRD tahun ini Rp. 100. 000. 000, cuma kita masih tunggu surat resminya. Kalau pihak kita siap saja, karena memang setiap tahun perolehan retribusi dari uji KIR selalu tercapai bahkan over target, pada tahun lalu target kita sama dengan tahun ini tercapai hampir seratusan juta, lihat aja di papan pemberitahuan ini Mas”, ujarnya, Kamis (06/07/2017).

UPT-PKB Kota Metro Optimis Lampaui Target Untuk Sumbang PAD 02
Kasubbag UPT-PKB Dishub Kota Metro, Sopian Mega saat menjelaskan informasi tertulis dipapan pemberitahuan tentang detail pendapatan per bulan, Kamis (06/07/2017). Foto : Sebatin.com

Kemudian lanjutnya, kendaraan yang paling banyak melakukan uji KIR yakni mobil barang. Dimana, sampai bulan Mei 2017 tercatat sudah sebanyak 2319 mobil barang yang melakukan uji KIR.

“Kalau mobil bus dan mikrolet malah sedikit. Mobil bus sampai bulan Mei 2017 sebanyak 43 unit, sedangkan mikrolet hanya 17 unit, justru lebih banyak kendaraan dari luar Kota Metro yang uji KIR di tempat kita ini, maka dari itulah target bisa tercapai, kalau cuma mengandalkan kendaraan dari Metro saja gak bakalan tercapai targetnya”, ungkap Sopian Mega.

Kassubag UPT Pengujian, Dishub Kota Metro, Sopian Mega. Kamis (06/07/2017). Foto : Sebatin.com

Ia juga mengharapkan, kepada Pemerintah Kota (pemkot) Metro untuk dapat memberikan bantuan peralatan uji KIR yang lebih canggih di UPT PKB. Pasalnya, banyak UPT PKB di daerah lain yang sudah menggunakan peralatan pengujian KIR Digital.

“Kalau kita kan masih belum menggunakan peralatan uji KIR Digital. Kita sudah pernah usulkan itu, tetapi terkendala dengan anggaran. Kalau bis, pasti lebih maju lagi”, pungkasnya.

(S02).

Tinggalkan Komentar Anda