Wabup Lamtim : Festival Desa Labuhan Ratu VI, Diharapkan Mampu Memicu Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan

4
Festival-Desa-Labuhan-Ratu-VI,-Diharapkan-Mampu-Memicu-Pertumbuhan-Ekonomi-Kerakyatan
Wabup Lamtim, Zaiful Bokhari saat menghadiri acara peringatan HUT Desa Labuhan Ratu VI Ke-50, Selasa (15/1/19). Foto : Ist

Sebatin.com, Labuhan Ratu – Dengan adanya kegiatan Festival Desa Labuhan Ratu VI, harapannya jumlah kunjungan wisata meningkat. Otomatis bisa menjadi pemicu untuk dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar, salah satunya dengan terbukannya peluang usaha kuliner. Sajiannya bisa makanan dan minuman khas dari Desa Labuhan Ratu VI ini sendiri. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Lampung Timur (Lamtim), Zaiful Bokhari, saat menjadi Inspektur Upacara HUT Desa Labuhan Ratu VI yang Ke-50, di lapangan desa setempat, Selasa (15/1/19).

Zaiful Bokhari juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamtim telah memprogramkan pariwisata berbasis masyarakat, yang mana wisata-wisata tersebut berasal dari aktifitas-aktifitas yang ada ditengah masyarakat. “Dan Desa Labuhan Ratu VI ini berdekatan dengan lokasi wisata, yang mana pariwisatanya merupakan aktivitas suatu kelompok dengan tujuan untuk rekreasi”, ujarnya.

“Dan tren wisata saat ini lebih menonjolkan wisata konservasi, pariwisata budaya dan pariwisata kearifan lokal desa wisata. Untuk menjawab berbagai tantangan tersebut Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah memprogramkan pariwisata berbasis masyarakat”,terang Zaiful Bokhari.

“Jadi implementasi dari kegiatan tersebut dibentuklah desa wisata, dengan diawali mengidentifikasi potensi dan daya tarik desa, kemudian menyusun struktur kelembagaan dan melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok pendukung pariwisata. Selanjutnya sebagai promosi dan media publikasi desa wisata itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah mengagendakan 101 kalender event wisata yang berasal dari aktifitas-aktifitas yang ada ditengah masyarakat”, papar Bang Ipul, sapaan akrab dari Wabup Lamtim.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Labuhan Ratu VI, Prayitno menerangkan, bahwa rangkaian kegiatan HUT Labuhan Ratu VI sudah dimulai semenjak tanggal 28 Desember 2018 lalu. Diantaranya penyelenggaraan kompetisi sepak bola, kemudian acara Labuhan Ratu VI Berzikir di bulan Januari 2019. Dan hari ini, sebagai acara puncak, diadakan upacara HUT, sungkeman masal, tumpengan, pawai budaya serta acara hiburan pada malam harinya. (Adv/Ade/Kominfo)

Tinggalkan Komentar Anda