Wacana Pemekaran Kampung Balairejo, Segera Akan Terwujud

431
Dusun 6 Sinarmarga yang selama ini menjadi pintu gerbang Kampung Balairejo Kec.Kalirejo Kab. Lamteng. Foto : Sebatin.com.
Dusun 6 Sinarmarga yang selama ini jadi pintu gerbang Kampung Balairejo Kec.Kalirejo Kab.Lamteng. Foto : Sebatin.com.

Sebatin.com, Kalirejo – Pemekaran suatu wilayah dipandang sebagai sebuah terobosan guna mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat. Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga dapat meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Kampung (Kakam) Balairejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Lestari mengatakan, bahwa ada 2 dusun di Kampung Balairejo yang sudah layak untuk dapat dimekarkan dan berdiri sendiri, karena dipandang dari kemampuan wilayah dan juga jumlah penduduk telah memenuhi syarat untuk menjadi sebuah kampung.

“Seperti di Dusun 6 Sinarmarga dan Dusun 5 Sidoharjo, dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduknya sudah layak jadi Kampung,” ujarnya, Sabtu (29/07/2017).

Lanjut Lestari, kedua dusun ini sudah layak berdiri sendiri, bila digabungkan kedua wilayah dan jumlah penduduknya maka sudah cukup memenuhi syarat ketentuan dari suatu kampung.

Menurut Camat Kalirejo Drs Bambang mengatakan, bahwa terkait rencana pemekaran kampung Balairejo ini, pihaknya sangat mengapresiasi. Sebab kata dia, di Kecamatan Kalirejo sudah ada empat kampung yang melakukan pemekaran yakni Poncowarno mekar menjadi Kampung Sinarrejo, Srimulyo mekar menjadi Sri Purnomo, Watu Agung mekar menjadi Agung Timur dan Kalidadi mekar menjadi Kalisari.

“Sebenarnya di Kecamatan Kalirejo ini ada wacana pemekaran dengan Kecamatan Poncowarno, di Kecamatan Kalirejo ada 17 kampung, maka diharapkan ada 3 lagi kampung pemekaran, agar genap menjadi 20 kampung. Jika Kecamatan Kalirejo di pecah dengan Poncowarno, masing masing kecamatan akan memiliki 10 kampung dan sudah layak menjadi suatu Kecamatan,” pungkas Bambang.(S04).

 

Tinggalkan Komentar Anda