Waduh, di Pringsewu Masih Banyak Pasangan Suami Istri Tak Punya Buku Nikah

51
Ilustrasi. Sumber : Istimewa

Sebatin.com, Pringsewu – Di Kabupaten Pringsewu, menurut catatan Kantor Urusan Agama (KUA) sampai saat ini masih banyak Pasangan Suami Istri (Pasutri) yang belum memiliki Buku Nikah. Padahal, menurut Kepala KUA Pringsewu, Hi. Ali Mubasit, S.Ag., M.H.I, buku nikah merupakan dokumen keluarga yang mempunyai banyak manfaat.

“Buku nikah itu sebagai pendukung pembuatan dukumen keluarga yang lainnya, seperti kartu keluarga, akta kelahiran dan sebagainya,” kata Ali saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2018).

Menurut Ali, masalah ini harus segera diselesaikan, dan tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Sebagai upaya untuk menyikapi masalah tersebut, KUA Pringsewu, lanjutnya, akan segera berkoordinasi dengan Pengadilan Agama (PA) untuk melakukan pengesahan pernikahan yang sudah kadaluarsa (Isbat)

Namun, sambung Ali, karena program ini berkenaan dengan dana yang cukup besar, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Pringsewu, dan Kementerian Agama Pusat, bisa turut menganggarkan biaya yang akan timbul dalam proses isbat tersebut.

“Saya berkeyakinan, dengan bantuan dari Pemkab dan Kemenag maka tidak akan ada lagi pasutri yang tidak memiliki buku nikah,” ujarnya.

Reporter : Sanusi
Editor     : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda