Wali dan Wakil Wali Kota Metro Tinjau Gedung Eks Pengadilan dan Taman Merdeka

450
Wali dan Wakil Wali Kota Metro Tinjau Gedung Eks Pengadilan dan Taman Merdeka
Wali Kota Metro Achmad Pairin dan Wakilnya Djohan saat melakukan tinjauan di Lapangan Merdeka Kota Metro, Rabu (15/03/2017). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Wali Kota Metro Achmad Pairin bersama Wakilnya Djohan, meninjau gedung eks pengadilan dan Taman Merdeka Kota Metro. Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, untuk gedung eks nantinya akan dibuat menjadi perkantoran. Karenanya, dilakukan peninjauan untuk melihat apakah bangunan tersebut masih layak atau perlu di bangun kembali mengingat kondisinya yang tidak terawat.

“Bekas gedung pengadilan ini kita lihat bersama dinas terkait akan melihat apakah bangunan itu masih mampu atau tidak jika diperbaiki. Kalau masih mampu diperbaiki, harapan saya jangan dibongkar. Jadi diperbaiki saja yang rusak-rusak. Karena itu menjadi memori kalau gedung itu dari pengadilan kalau kita bongkar kan tidak ada riwayatnya lagi,” katanya.

Pairin menjelaskan, untuk perbaikan gedung tersebut, akan dilaksanakan beberapa tahapan terlebih dahulu. Ini, untuk melihat masih kuat atau tidaknya bangunan tersebut sekaligus mengkalkulasi berapa besaran dana yang dikeluarkan untuk merehab gedung tersebut.

Untuk pelaksanaannya, terus Pairin, jika dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) cukup, dan waktu pelaksanaannya tidak menyalahi aturan, maka akan direhab tahun ini. Namun, jika tidak mampu akan direhab tahun 2018.

“Pelaksanaannya nanti dilihat dulu. Nanti dikalkukasi oleh yang ahlinya. Pertama kita lakukan hummer tes, jadi nanti jangan sampai ketika dipakai roboh. Setelah dites kalau masih kuat kita bangun yang rusak. Kalau kita lihat sepintas yang pasti diganti adalah atap itu. Nah nanti gantinya seperti apa kan sesuai dengan kemampuan gedung itu, nanti bisa pakai baja ringan atau genteng. Yang jelas kalau diganti ya yang bagus. Yang kedua rehab lantai, jadi ketika dipakai untuk perkantoran itu layak,” jelasnya.

Wali dan Wakil Wali Kota Metro Tinjau Gedung Eks Pengadilan dan Taman Merdeka 2
Wali Kota Metro Achmad Pairin dan Wakilnya Djohan saat meninjau gedung eks Pengadilan, Rabu (15/03/2017). Foto: Hendra – Sebatin.com

Untuk Taman Merdeka, lanjutnya, rencananya akan dikembangkan menjadi tempat wisata keluarga namun tetap mengusung konsep pendidikan. Ini, untuk mewujudkan Visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga. Untuk itu, dilakukan tinjauan untuk melihat kondisi Taman Merdeka.

“Makanya saya mengajak Pak Wakil dan dinas terkait. Kita ini tidak berangan-angan, kita lihat kondisinya dan kita mau buat apa. Inilah salah satu wujud sebagai wisata keluarga dan ada kaitannya juga dengan masalah pendidikan, nah nanti kita buat wisata keluarga tetapi ada unsur pendidikan, nanti mungkin siswa di hari apa bisa belajar di sini. Dan tidak menutup kemungkinan, nanti kita buat gazebo yang ada gambar pahlawan, jadi mereka juga belajar sejarah,” paparnya.

Sebagai tempat wisata, tentunya harus dilengkapi fasilitas umum (Fasum) yang lengkap. Untuk itu, nantinya fasilitas umum di Taman Merdeka juga harus lengkap.

“Jadi nanti dilengkapi semua. WC, tempat cuci tangan, dan lainnya,” katanya.

Bahkan, kata Wali Kota, jika diperlukan akan dilakukan studi banding untuk membuat konsep tempat wisata keluarga tetapi juga tetap mengusung pendidikan.

“Kalau ingin bagus tapi belum bisa menentukan nanti bisa studi banding mau lihat kemana. Setelah kepala dinas terkait studi bunding dan punya rencana apa nanti dipresentasikan di ruangan saya. Jadi sebelum dibangun kita sangat transparan dan mau dibuat seperti ini. Bukan saya dan Pak Wakil tidak percaya. Saya sangat percaya sekali, tapikan kita juga ingin tahu dong sebelumnya di gambar bagaimana,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Edwin Soni mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian untuk menentukan seperti apa nantinya konsep pembangunan Taman Merdeka. Yang jelas, hal itu akan dilakukan segera, mengingat Taman Merdeka merupakan ikon Kota Metro.

“Terkait dengan perintah Pak Wali, kita akan coba semacam kajian gambar dan sebelum kita bangun nanti kita presentasikan di depan teman-teman dan pimpinan. Dan kalau perlu nanti kita kasih gambar pada temen-temen pers, supaya kita semua bisa memberikan saran kira-kira apa tambahan yang perlu kita masukkan di situ. Misalnya aksesoris tentang daerah dan lainnya. Kita akan segera, mengingat taman inikan muka kita sekaligus menjadi Taman Merdeka kita ini sebagai taman untuk rekreasi, pelajar dan untuk ikon Kota Metro. Dan kita lihat juga apakah perlu studi banding dulu atau tidak, kan sekarang sudah ada teknologi kita juga lihat internet,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda