Wali Kota Metro dan Wakilnya Tinjau Beberapa Titik Pengerjaan Proyek

367
Wali Kota Metro dan Wakilnya Tinjau Beberapa Titik Pengerjaan Proyek
Wali Kota Metro dan Wakilnya sedang melakukan tinjauan di salah satu titik pengerjaan proyek di Kota Metro. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Wali Kota Metro Achmad Pairin bersama Wakilnya Djohan sangat serius dalam menata pembangunan di Kota Metro agar bisa lebih baik lagi. Hal ini dibuktikan dengan kembali dilakukannya tinjauan ke beberapa titik pengerjaan proyek Jumat (16/12/2016) yang sebelumnya sudah sering dilakukan.

Achmad Pairin menjelaskan, tinjauan yang dilakukannya tersebut agar pembangunan yang dikerjakan rekanan sesuai dengan kontrak. Tinjauan ke berbagai proyek tersebut sengaja dilakukan sebelum penyerahan dari rekanan ke Pemkot Metro. Agar, jika ditemukan proyek yang pengerjaannya tidak sesuai dengan kontrak, bisa digelar ulang.

”Karena ini belum selesai tugasnya, saya mengajak kepada rekanan untuk sama-sama mengintropeksi diri, sehingga apa yang mereka kerjakan sesuai dengan kontrak, bangunannya seperti apa? Kerjanya seperti apa? Dan anggarannya berapa? Dan harapan saya pekerjaan bisa dilaksanakan sesuai dengan kontrak. Kami akan melihat semua pekerjaan, jadi sebelum diserahkan, kita akan lihat sehingga nanti yang tidak sesuai dengan best text-nya ya kita minta mereka untuk gelar ulang,” jelasnya usai tinjauan.

Lebih lanjut, Pairin menjelaskan, tidak semua pekerjaan jalan yang baru sudah rusak harus gelar ulang. Sebab, kerusakan jalan tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya yakni sering dilewati kendaraan yang bukan ukuran tonasenya.

”Ada pengecualian. Kalau sudah sesuai best text tetapi rusak karena sering dilewati mobil bertonase besar itu bisa tambal sulam. Tetapi kalau pengerjaannya tidak sesuai dengan best text, ya gelar ulang,” lanjutnya.

Untuk jembatan Sumbersari Bantul, terus Pairin, baru akan dilaksanakan pada tahun 2017. Sebab, jika dilaksanakan tahun ini dipastikan tidak akan selesai tepat waktu karena terkendala beberapa hal.

”Untuk jembatan, saya menyampaikan maaf kepada masyarakat karena kesalahan kami dan kawan-kawan adalah tidak bisa dikerjakan sekaligus karena terkendala waktu dan situasi. Karena situasi air yang sudah mulai banjir tidak akan mungkin bisa dikerjakan sebelahnya. Tapi saya yakinkan! Tahun depan akan tetap kita kerjakan,” terusnya.

Wali Kota Metro dan Wakilnya Tinjau Beberapa Titik Pengerjaan Proyek 2
Rombongan Wali Kota Metro dan Wakilnya saat meninjau proyek jembatan di Metro Selatan. Foto: Hendra – Sebatin.com

Ia juga meminta melalui Dinas PU kepada pengembang, penumpulan jalan juga harus dikerjakan. Dikhawatirkan, jika penumpulan jalan tidak dikerjakan, ujung-ujungnya akan menjadi genangan air yang menyebabkan jalan tersebut cepat rusak.

”Dan itu akan membuat riskan, akan merembet ke yang lainnya,” katanya.

Soal Jalan Walet yang sudah ditambal sulam dan kembali rusak lagi karena dilewati mobil bertonase besar, Pairin mengaku akan berkoordinasi dengan kepala dinas terkait dan camat. Pasalnya, jalan cepat rusak bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya sering dilewati kendaraan bertonase besar.

”Dan pasti mobil itu ada yang punya usaha, nanti kita cari solusi supaya mereka bisa tetap usaha dan jalan tidak akan cepat rusak. Kalau semua harus kita portal, tidak bisa, karena ada hal yang harus dipertimbangkan. Kita harus lihat selama masih dalam batas kewajaran tidak apa-apa, tapi kalau sudah di luar batas kewajaran, harus kita tindak,” akunya.

Wali Kota Metro juga berterima kasih kepada semua lapisan masyarakat yang telah peduli dengan pembangunan di Kota Metro, dengan menyampaikan beberapa pengerjaan proyek yang perlu ditinjau. (Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda