Wali Kota Metro Imbau Diskes Lakukan Pendataan Jumlah Warga Pengguna Jamban Cemplung

333
Wali Kota Metro Imbau Diskes Lakukan Pendataan Jumlah Warga Pengguna Jamban Cemplung
Wali Kota Metro dan Wakilnya saat meninjau Bumi Perkemahan Kelurahan Sumbersari, Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kamis (01/12/2016). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Wali Kota Metro Achmad Pairin mengimbau kepada Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Metro untuk melakukan pendataan berapa jumlah warga di Karangrejo yang masih menggunakan jamban cemplung. Ini, karena masih ditemukannya warga yang menggunakan jamban cemplung di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro.

Menurut Pairin, Kota Metro sebagai daerah administratif Kota, sangat tidak layak jika ada masyarakat yang masih menggunakan jamban cemplung. Karenanya, pihaknya masih akan mencari solusi penuntasan jamban tidak sehat di Kota Metro.

“Saya kira sebagai Kota, daerah Metro tidak lagi pantas mengunakan WC Cemplung. Maka dari itu, bila masih banyaknya warga Karangrejo yang menggunakannya, nanti akan dicarikan solusinya agar tidak ada lagi yang menggunakan jamban cemplung,” katanya saat meninjau Bumi Perkemahan Kelurahan Sumbersari, Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kamis (01/12/2016).

Ia menjelaskan, masih akan melihat terlebih dahulu kenapa masih ada warga yang menggunakan jamban cemplung. Pasalnya, alokasi bantuan jamban dalam APBD memang tidak ada.

”Karena sekarang saya tidak bisa menetukan ada bantuan dari APBD. Makanya nanti kita lihat terlebih dahulu kenapa masyarakat masih ada yang menggunakan jamban cemplung, kalau karena masalah ekonomi kita cari solusinya,” jelasnya.

Permasalahan jamban ini, tambah Pairin, bukan hanya menjadi tugas Dinkes, tetapi juga pemerintah daerah.

”Ya kita tidak bisa bebankan ini kepada Dinas Kesehatan. Pemerintah daerah juga harus tahu, ini tugas kita bersama. Kalau dalam bahasa Lampung Beguwai Jamo Wawai atau sama-sama berbuat kebaikan,” tuntasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda