Wali Kota Metro Lantik 689 Aparatur Sipil Negara

1974
Wali Kota Metro Lantik 689 Aparatur Sipil Negara
Wali Kota Metro Achmad Pairin ketika menandatangani berita acara pelantikan, Selasa (03/12/2017).

Sebatin.com, Kota Metro – Wali Kota Metro Achmad Pairin melantik 689 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Metro dari eselon II sampai eselon V yang dilaksanakan di Gedung Wisma Haji, Kota Metro, Selasa (3/1/2016).

Pejabat yang dilantik, yakni dari Jabatan Tinggi Pratama 19 orang, administrator 115 orang, administrator (Camat) 5 orang, pengawas 535 orang, dan pengawas (Lurah) 5 orang.

Wali Kota Metro Achmad Pairin didampingi Wakil Wali Kota Metro Djohan menuturkan, pelantikan dan mutasi pejabat di instansi pemerintah ini adalah dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 24 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Metro, dan Peraturan Wali Kota Metro Nomor 31 Tahun 2016 tentang Susunan, Tugas, dan Fungsi Perangkat Daerah Kota Metro.

“Saya juga ingin menegaskan, bahwa pelantikan semacam ini tetap mengacu pada evaluasi kinerja para pejabat dalam melaksanakan amanah yang diemban, serta didasarkan pada kebutuhan organisasi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi agar kinerja Pemerintah Kota Metro ke depannya dapat lebih baik lagi,” jelasnya.

Pairin menuturkan, bagi pejabat yang menempati jabatan baru tersebut masih akan tetap dievaluasi. Bahkan, kata dia, enam bulan ke depan bukan tidak mungkin akan dilakukan roling kembali.

“Justru akan kita evaluasi. Yang kinerjanya tidak baik ya kita roling kembali. Yang jelas tim evaluasi kinerja akan mulai dibentuk dan berjalan di atas tanggal 5 Januari 2017,” tuturnya.

Ia merincikan, ada 12 jabatan eselon II yang masih kosong, artinya ada beberapa dinas dan badan yang masih dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt). Dan untuk yang kosong tersebut, akan dilakukan lelang terbuka. Lelang/promosi terbuka ini terbuka bagi ASN di seluruh Indonesia.

“Bukan hanya ASN Metro yang bisa mengikuti lelang terbuka ini, semua ASN dari daerah lain boleh. Yang jelas kami mencari SDM yang sesuai dengan satker yang dipromosikan,” urainya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Metro Herjuno menuturkan, jabatan eselon dua yang dipromosikan secara terbuka adalah 1. Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian; 2. Sekretaris Dewan; 3. Staf ahli bidang 3; 4. BPKAD; 5. Dinas PU dan Tata Ruang; 6. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan; 7. Sat Pol PP; 8. Dinas Penanaman Modal; 9. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah; 10. Dinas Tenaga Kerja; 11. Dinas Lingkungan Hidup; 12. Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Jadi promosi terbuka ini akan dilakukan secepatnya. Sebab bulan depan akan dilakukan pelantikan, jadi beberapa dinas dan badan ini agar dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Dan ini telah berdasarkan UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN,” paparnya.

19 Jabatan Eselon II yang telah ditempati

1. RSUD A. Yani (Endang);
2. Dinas Kesehatan (Maryati);
3. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Edwin Soni);
4. BKD dan pengembangan sumberdaya manusia (Herjuno);
5. Badan Penglola pajak dan retribusi daerah (Arif Joko Arwoko);
6. Dinas ketahanan pangan , pertanian dan perikanan (Lusia);
7. Dinas Kepemudaan dan olah raga (Yeri Ehwan);
8. Dinas perdagangan (Khaidarmansyah);
9. Disdukcapil (Maria Fitri Jaya Singa);
10. Bappeda (Bangkit Haryo Utomo);
11. Dinas Sosial (Ellya Lusiana);
12. Dinas DP3A dan PPKB (Erla Andrianti);
13. Dinas perhubungan (Yusuf Kota Alam);
14. Inspektorat (Jihat Helmi);
15. Asisten Pemerintahan dan Kesra (Ridwan);
16. Asisten perekonomian dan pembangunan (Prayetno);
17. Asisten Administrasi umum (Evi rofyati);
18. Staf Ahli bidang 1 (Muhammad syafei);
19. Staf Ahli bidang II (Juni Kuswati).

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda