Walikota Metro : Relokasi Tetap Jalan, Pasar Cendrawasih Harus Rapih dan Tertata

18
Walikota Metro : Relokasi Tetap Jalan, Pasar Cendrawasih Harus Rapih dan Tertata
Walikota Metro, Achmad Pairin bersama Wakil Walikota Metro, Djohan dan Ketua HPKLM Pasar Cendrawasih, Azwan saat meninjau kondisi persiapan Lantai II Pasar Cendrawasih, Jumat (14/6/19). Foto : Ist

Sebatin.com, Kota Metro – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Metro untuk tetap merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di areal lahan parkir Pasar Cendrawasih, untuk mengisi lokasi Lantai II terus dilakukan. Hal itu ditegaskan oleh Walikota Metro, Achmad Pairin usai meninjau kondisi persiapan lapak-lapak pedagang di Lantai II pasar tersebut, Jumat (14/6/19).

“Untuk relokasi ini akan kami rapatkan lagi bersama pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Cenderawasih. Waktunya tidak akan mundur. Tapi kita akan rapat dulu, kita dengar masukan dari pihak terkait tentang pemindahan pedagang ini. Termasuk juga untuk menentukan langkah selanjutnya”, ujar Achmad Pairin.

Menurutnya, relokasi para pedagang tersebut harus dilakukan guna upaya menata Pasar Cendrawasih, sehingga dapat lebih menunjang keindahan kota. Terlebih lokasi pasar tersebut, letaknya berada tepat di jantung kota dan kondisinya saat ini terlihat kumuh serta sangat memperihatinkan.

Tak hanya mensoal Pasar Cendrawasih, Pemkot Metro juga memberi perhatikan pada aktivitas bongkar muat yang ada di sekitar pasar tersebut serta terminal kota, yang kerap mengakibatkan kemacetan kendaraan yang melintas di Jalan Imam Bonjol.

“Jika PKL sudah pindah ke lantai dua kan lahan ini dikembalikan fungsinya sebagai lahan parkir. Selain itu bisa juga digunakan bongkar muat, sehingga bongkar muat tidak lagi di jalan yang mengakibatkan macet”, tambah Achmad Pairin.

Nantinya, lanjut Achmad Pairin, di lokasi tersebut juga akan dibangun masjid atau musola serta toilet umum. Sehingga Pasar Cendrawasih benar-benar dapat memenuhi kriteria sebagai pasar yang terawat, indah dan sehat.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kota Metro, Leo M Hutabarat, yang mengungkapkan jika pihaknya telah memberikan tempo kepada para PKL yang ada di areal parkir, untuk pindah ke Lantai II Pasar Cendrawasih. “Tenggat waktunya sampai 19 Juni ini. Tapi nanti dirapatkan dulu dengan Walikota”, katanya.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Himpunan Pedagang Kaki Lima (HPKLM) Pasar Cenderawasih Azwan menilai proyek pembangunan Lantai II Pasar Cenderawasih tidak layak, karena kios tidak sesuai dengan apa yang telah menjadi harapan pedagang.

Dirinya juga mengaku jika para pedagang yang berada di tempat penampungan tersebut tidak pernah dilibatkan oleh Pemkot Metro terkait rencana relokasi pasar tersebut. “Saya sendiri tidak pernah diundang ketika rapat, begitupun dengan sekeretaris dan anggota saya. Harapan kami kan dilibatkan setiap rapat”, penuh sesal. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda