Warga Keluhkan Keringnya Saluran Irigasi, Timbulkan Aroma Tidak Sedap

215
Tumpukan sampah di saluran air irigasi pinglet 22 Hadimulyo barat. Foto : Sebatin.com
Tumpukan sampah di saluran air irigasi pinglet 22 Hadimulyo barat. Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Warga masyarakat Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat mengeluhkan Sampah yang menumpuk, di sepanjang aliran irigasi, tepatnya di pinggir ledeng  (pingled) pasar Kota Metro dan parahnya lagi, air ledeng yang tidak mengalir akibat musim kemarau  yang menimbulkan aroma yang tak sedap.

Menurut Kang Dipak warga pingled, mengatakan bahwa pemandangan seperti ini sudah biasa terjadi disetiap tahunnya, dikarenakan air ledeng tidak mengalir, hal ini membuat sampah-sampah tersebut menumpuk serta menimbulkan bau tak sedap.

“Sampah ini, datangnya dari mana-mana mas, masih banyak orang yang buang sembarangan, termasuk sampah pasar, yang parahnya sampah sisa jeroan ikan, ayam juga dibuang di aliran ini, itu yang nambah bau busuk, mas,” ungkap Dipak, senin (18/9/2017).

Senada dikatakan Kang Fani warga Mekar Sari Hadimulyo Barat, bahwa sampah dari pasar itu sampai kesini, bahkan bau busuk itu yang sangat mengganggu, juga sisa air yang menggenang sampai berwarna hijau.

“Saat ini banyak anak-anak kecil yang sakit batuk pilek mas, mungkin akibat dari bau udara yang gak sehat itu, apalagi sekarang kemarau ditambah lagi air ledeng gak ngalir, ini betul-betul nggak sehat buat lingkungan,” ujarnya.

Kemudian ia mengharapkan kepada Pemkot Metro atau Instansi terkait dapat membantu untuk membersihkan sampah di sepanjang aliran ledeng tersebut.

“Biasanya kan ada kegiatan jum’at bersih,  jadi sebagai warga kami berharap pihak Pemkot, Camat dan Lurah beserta warga untuk bergotong royong membersihkan sampah ini,” harapnya.

(Yda)

 

Tinggalkan Komentar Anda