Warga Keluhkan Penambangan Pasir di Aliran Sungai Way Sekampung Metro Selatan

586
Warga Keluhkan Penambangan Pasir di Aliran Sungai Way Sekampung Metro Selatan
Mesin penyedot pasir yang berada di aliran Sungai Way Sekampung Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Sebuah tempat penambangan pasir di Aliran Sungai Way Sekampung Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan dikeluhkan warga. Pasalnya, aktivitas penambangan pasir tersebut menyebabkan jalan FKKPI rusak parah akibat dilalui oleh kendaraan yang akan mengangkut pasir.

“Jalan ini mas rusak karena dilalui kendaraan yang mengangkut pasir. Padahal ini jalan akses ke sekolah,” tutur warga yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, menurut penuturan Camat Metro Selatan Suprapto mengatakan, penambangan tersebut memang sudah cukup lama beroperasi. Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui apakah aktivitas penambangan pasir tersebut sudah mengantongi izin atau belum.

“Sudah dulu waktu ngukur aset milik warga yang dihibahkan ke Pemkot Metro. Itu kan sampai ujung sana. Kalau soal izin kita mending langsung tanya ke perizinan yang lebih pas,” tuturnya.

Kendati demikian, dirinya mengaku akan melakukan peneguran jika aktivitas penambangan tersebut tidak mengantongi izin operasi.

“Ya kalau memang tidak ada izin akan kita tegur. Kita kan kalau mau bergerak harus sesuai dengan dasar hukum. Nanti kalau kita sekarang kesana dan mereka mempunyai izin bagaimana,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Syachri Ramadhan menjelaskan, izin operasi pertambangan memang tidak ada di Kota Metro.

“Memang kita tidak ada izin pertambangan. Tetapi izin lingkungan juga untuk penambangan pasir itu juga tidak ada,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda