Waspada! Modus Pinjam Lalu Digadaikan, Dua Orang Ini Terancam 4 Tahun Penjara

317
Waspada! Modus Pinjam Lalu Digadaikan, Dua Orang Ini Terancam 4 Tahun Penjara
Dua tersangka beserta barang bukti sepeda motor saat press release di Mapolres Metro (11/1/2017). Foto: Arb - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Kepolisian Resor Kota Metro berhasil mengungkap tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan modus meminjam lalu merusak kendaraan. Dalam kasus tersebut, aparat berhasil meringkus dua orang tersangka yang berperan sebagai peminjam dan penadah kendaraan.

Berawal dari laporan Harry Wahyudi warga Jalan Manunggal, Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, yang merasa ditipu karena motornya dipinjam lalu digadaikan.

Jajaran reserse kriminal umum Polres Kota Metro bertindak cepat dan berhasil mengamankan Tody Wijaya yang berperan sebagai peminjam kendaraan serta Teguh Joni Basori yang diduga sebagai penadah kendaraan.

Kapolres Kota Metro AKBP. Rali Muskitta melalui Waka Polres setempat Kompol. Derry Agung Wijaya memaparkan, Modus yang dilakukan kedua tersangka tersebut tergolong lama dengan berpura-pura meminjam lalu merusak kendaraan dan kemudian saat korban minta pertanggungjawaban pelaku menggadaikannya.

“Yang bersangkutan merusak motor sehingga dikembalikan dalam keadaan rusak, kemudian minta pertanggungjawaban setelah itu dikembalikan lagi kepada tersangka dengan alasan untuk memperbaiki, dan saat itu langsung membawa kabur motor korban dan digadaikan ke tempat yang lain,” papar Waka Polres Metro, Kompol Derry Agung Wijaya saat melangsungkan Press Release di Mapolres setempat, Rabu (11/01/2017).

Waspada! Modus Pinjam Lalu Digadaikan, Dua Orang Ini Terancam 4 Tahun Penjara
Waka Polres Metro Kompol Derry Agung Wijaya saat menggelar press release di Mapolres Metro. Foto: Arb – Sebatin.com

Derry juga menjelaskan, berdasarkan pengakuan pelaku dirinya menggadaikan kendaraan tersebut kepada Teguh Joni Basori sebesar Rp. 900.000,- (Sembilan Ratus Ribu Rupiah) dengan alasan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, digadaikan 900 ribu, namun informasi lain saat ini masih dilakukan pengembangan oleh unit Resum Polres Metro. Dan dari pengakuannya, hasil penggadain kendaraan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Tody dijerat dengan pasal 378 dan 372 dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara, sedangkan Teguh dijerat dengan pasal 480 ayat 1e dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara pula, karena terbukti sebagai penadah barang hasil curian. (Arb)

Tinggalkan Komentar Anda