Waspadalah! Mungkin Camilan Berkolesterol Tinggi Ini Sering Anda Nikmati

317
Waspadalah! Mungkin Camilan Berkolesterol Tinggi Ini Sering Anda Nikmati
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Camilan memang sangat cocok dinikmati dalam berbagai suasana, tapi waspadalah! Meskipun rasanya nikmat, ada beberapa camilan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda dan mungkin saja Anda sering menikmatinya.

Lalu camilan apa sajakah yang dapat mengakibatkan naiknya kadar kolesterol jahat tersebut? Silakan simak informasi berikut ini!

1. Gorengan

Meskipun gorengan terbuat dari bahan makanan bergizi, sayangnya sering kali cara pengolahannya kurang tepat. Biasanya penganan ini digoreng menggunakan minyak jenuh, sehingga pada saat pengolahan, minyak jenuh tersebut akan menyerap ke dalam gorengan. Bahayanya, ketika Anda mengkonsumsi gorengan tersebut, minyak jenuh yang tertelan akan mengendap dan membentuk plak pada dinding pembuluh darah, sehingga bisa menyebabkan terjadinya sumbatan yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

2. Es Krim

Tak hanya anak kecil saja, orang dewasa juga banyak yang menyukai es krim. Tapi, waspadalah! Sebab, es krim yang Anda konsumsi tersebut, umumnya terbuat dari olahan susu sapi yang mengandung kadar lemak tinggi. Oleh karena itu, jangan berlebihan makan es krim.

3. Telur Puyuh

Tahukah Anda, ada 3.640 mg kolesterol yang terkandung dalam 1 butir telur puyuh (10 gram)? Jumlah tersebut setara dengan 3 kali lipat kebutuhan kolesterol harian pada manusia. Bayangkan saja berapa banyak kolesterol yang masuk ke dalam tubuh Anda, jika dalam sekali makan saja, Anda bisa menghabiskan lebih dari 5 butir telur puyuh. Oleh karena, bijaksanalah mengkonsumsi makanan yang satu ini.

4. Es Cendol

Siang hari ketika udara panas memang sangat nikmat minum es cendol. Rasanya yang gurih dan manis, bisa membuat semangat kita bangkit kembali. Sayangnya, rasa gurih dari es cendol tersebut didapat dari santan kelapa, yang notabene mengandung kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Di mana, jika terlalu berlebihan dikonsumsi, maka bisa mengakibatkan naiknya kadar kolesterol jahat di tubuh Anda.

5. Kerupuk

Mungkin Anda bertanya-tanya, memang ada apa dengan kerupuk? Tahukah Anda? Kandungan lemak pada kerupuk dapat meningkat 20 sampai 30 kali lipat ketika digoreng (tergantung dari bahan dan cara menggorengnya). Jadi, jika kerupuk Anda makan secara berlebihan, maka bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi kerupuk secara berlebihan.

Demikianlah informasi mengenai beberapa camilan yang mengandung kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk senantiasa menerapkan gaya hidup sehat. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda