Wujudkan Kota Metro Sebagai KLA, Heriyati Pairin Harapkan Masyarakat Jaga Kebersihan

283
Wujudkan Kota Metro Sebagai KLA, Heriyati Pairin Harapkan Masyarakat Jaga Kebersihan
Ketua TP PKK Heriyati Pairin bersama Wakil Ketua TP PKK Kota Metro Siti Aisyah Djohan melihat salah stand lomba. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Ketua PKK Kota Metro Heriyati Pairin berharap agar Kota Metro tetap bersih. Ini, untuk mewujudkan Metro sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Menurutnya, untuk menunjang kota layak anak, kebersihan Kota Metro harus selalu dijaga bukan hanya ketika akan ikut lomba kelurahan saja, tetapi di luar lomba pun masyarakat harus tetap bersama-sama menggalang kebersihan.

“Lomba kelurahan memang fokus pada administrasi kelurahan dan tidak terlepas dari semua kegiatan kelurahan. Kondisi sekarang sudah kita lihat adanya kebersamaan. Harapannya, meski tidak ada lomba desa, lingkungan tetap bersih. Jika Kota sudah bersih, maka akan menunjang kota layak anak,” katanya saat penilaian lomba kelurahan tingkat Kota Metro di Ganjarasri, Metro Barat, Senin (6/3/2017).

Ia menuturkan, produk UMKM yang ditonjolkan pada lomba desa, pembinaan rutinnya sudah ada dari dinas terkait. Hanya, memang bentuk pengemasan produk belum optimal. Kata dia, harganya akan lebih tinggi dan bersaing jika kemasannya menarik.

“Beberapa produk UMKM Metro ada yang sudah masuk di beberapa swalayan di Kota Metro lantaran telah ada MoU. Ini seperti Watik Robinson, Chandra, PB Swalayan, Giant, MBC Muhamadiyah, dan RA Point,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Metro I Made Wiryana mengatakan, lomba kelurahan merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap kelompok masyarakat. Jadi yang dinilai terkait administrasi, pembangunan, peningkatan produk UMKM pada semua aspek dilakukan pembinaan.

“Lomba ini melibatkan 16 dinas/instansi. Ini penilaian di hari yang ke dua. Yang pertama adalah Metro Utara, kemudian ketiga Metro Timur, keempat Metro Selatan dan terakhir Metro Pusat,” katanya.

Sementara, Camat Metro Barat Herno Iswanto, mengaku optimis maju ke tingkat provinsi. Mengingat , Kecamatan Metro Barat berhasil menjadi terbaik ke tiga saat lomba kesrak PKK KB Kes tingkat Kota Metro.

“Saya optimis maju tingkat provinsi. Sebab pada poskordesa yang merupakan pekan olahraga desa se Kota Metro, yakni sepak bola, kami yang terbaik,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda