Yuk Berkenalan dengan OS Tizen, Pesaing Android dan IOS

517
Yuk Berkenalan dengan OS Tizen, Pesaing Android dan IOS
Tizen OS, Pesaing Terbaru Dari Samsung.

Sebatin.com – Baru-baru ini Samsung meluncurkan produk smartphone terbarunya dengan kelas mid-end. Samsung Z2, produk terbaru dari Samsung. Namun ketika kita menilik spesifikasi lengkap smartphone ini, ternyata Sistem Operasi/Operating System (OS) yang diusung adalah Tizen bukan Android yang sudah lama kita kenal saat ini.

Tizen merupakan OS yang digarap langsung oleh Samsung. Tizen sendiri bersifat Open Source yang inti utamanya (kernel) menggunakan Linux. Tizen sendiri bukan hanya hadir di smartphone namun juga dirancang untuk program multimedia lainnya.

Mengutip dalam laman xda-developers, Tizen diawali oleh Nokia Maemo dan Intel Moblin sebelum akhirnya keduanya menggabungkan bersama ke Meego. Namun tampaknya Nokia lebih memilih untuk mengembangkan OS Windows Phone miliknya, sehingga meninggalkan Meego. Lalu Intel juga memutuskan untuk meninggalkan Meego, sepeninggalan kedua perusahaan besar ini Meego mulai tampak suram. Hingga akhirnya Samsung bergabung bersama Meego untuk mengembangkan OS Tizen.

Tujuan Samsung menelurkan produk Tizen adalah agar berkurangnya ketergantungan Samsung terhadap Google, Samsung juga menekankan bahwa Tizen lebih ringan daripada sistem operasi laiinya.

Namun Tizen sendiri belum banyak disupport oleh para developer aplikasi saat ini dikarenakan memang belum banyak smartphone yang menggunakan os ini. Untuk peluncuran awalnya aplikasi media sosial sudah terpasang pada perangkat Samsung Z2 seperti, Facebook, Whatapps, Instagram, dan Line.

Sebelumnya Tizen sudah di aplikasi pada perangkat Samsung lainnya seperti peranti jam tangan pintar Gear S, gelang pintar Gear Fit, headset Samsung Gear VR, dan lini Smart TV Samsung. Apakah Tizen mampu bersaing dengan Android, IOS dan Windows Phone ? kita tunggu saja perkembangan dari Samsung pada produk-produk Tizen selanjutnya. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda