Tekan Kasus Covid -19, Pemkot Metro Terapkan PPKM Mikro

6
Tekan Kasus Covid -19, Pemkot Metro Terapkan PPKM Mikro
Walikota Metro dr., Hi., Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K)

Sebatin.com, Kota Metro – Walikota Metro, Wahdi mengeluarkan instruksi tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada seluruh kelurahan di Kota Metro. Hal ini sebagai upaya mengendalikan penyebaran virus Covid-19, dan merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2021, dengan mempertimbangkan Kriteria Zonasi Pengendalian Wilayah.

Wahdi mengatakan dalam menerapkan PPKM Mikro ini perlu keterlibatan semua pihak dari tingkat RT/RW untuk memantau langsung pergerakan warga. “Penetapan zonasi risiko di tingkat RT dan skenario pengendalian akan memudahkan berbagai upaya dalam melakukan pengendalian kasus dan dalam pelaksanaan 3T di tingkat RT, RW dan Kelurahan. Jadi setiap pemangku kepentingan harus aktif. Karena yang tahu persis keadaan masyarakat itu ya antar tetangga,” ujarnya, Kamis (22/4/21).

Dia menjelaskan, jika di salah satu wilayah terdapat pendatang yang tidak memiliki surat keterangan hasil rapid test antigen, maka akan dilakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

“Meskipun warga yang datang dari luar kota tersebut dalam keadaan sehat, tapi tetap kami minta untuk melakukan rapid test antigen atau swab dan menunjukkan hasilnya ke Satgas Covid-19 tingkat kelurahan,” terang Wahdi.

Dia menambahkan, pertimbangan kriteria pengendalian wilayah zona hijau, kuning, orange, dan merah dapat digunakan untuk memantau secara langsung perkembangan covid-19 di Kota Metro. “Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menilai kriteria zonasi pada setiap RT. Kemudian berkoordinasi dengan BPBD untuk merealisasikan rumah isolasi di setiap Kelurahan Tangguh Nusantara,” tambahnya.

Dia berharap penerapan PPKM Mikro di Kota Metro yang dimulai pada tanggal 20 April dan berakhir pada 3 Mei 2021 tersebut tidak akan diperpanjang lagi. “Setelah berakhir akan dilakukan evaluasi kembali, terkait perlu tidaknya penerapan PPKM Mikro berikutnya. Harapannya tidak diperlukan perpanjangan. Karena penerapan periode pertamanya dianggap sudah berhasil. Amin,” tegasnya.

“Maka untuk suksesnya PPKM Skala Mikro, ayo seluruh elemen masyarakat Kota Metro, semakin tingkatkan disiplin kita dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan aktif menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” pungkas Wahdi. (red)

Tinggalkan Komentar Anda