Makam Sultan Banten Ramai Dikunjungi Peziarah

172
Masjid Agung Banten. Foto : Sebatin.com
Masjid Agung Banten. Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Banten – Hingga saat ini tradisi berziarah ke suatu makam masih sering dilakukan oleh warga masyarakat di Indonesia, terlebih lagi jika makam tersebut dikenal sebagai orang yang memiliki pengaruh di bidang agama atau pengaruh pada jaman pemerintahan kerajaan tempo dulu. Seperti, makam Sultan Maulana Hasanudin yang makamnya tepat disamping kanan Masjid Agung Banten.

Salah satu Tokoh Masyarakat Baharul Qomar mengatakan, bahwa Sultan Maulana Hasannudin di kenal sebagai Raja pertama di Banten dan beliau  merupakan  Putera dari Sekh Sarif Hidayatullah yang lebih di kenal sebagai Sunan Gunung Jati di Cirebon.

“Makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah, bukan hanya pada saat Idul Adha ini, tetapi saat libur hari-hari besar juga selalu ramai. Para peziarah bukan cuma dari wilayah Banten saja, bahkan dari berbagai wilayah seperti Bandung, Jogya, Surabaya bahkan dari pulau Sumatera. Mereka datang bersama rombongannya untuk berziarah,” ungkapnya.

Hasil pantauan Sebatin.com di lokasi, ratusan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah luar Banten silih berganti mendatangi makam Sultan Maulana Hasannudin. Kehadiran mereka di lokasi tersebut selain berwisata juga untuk memanjatkan do’a bersama yang mana di situ sudah ada yang memandu dan mengimami dalam Doa tersebut.

Setelah melakukan do’a bersama, para peziarah juga berkeliling melihat tempat bersejarah Masjid Agung serta berjalan-jalan mengelilingi benteng dimana dulu berdirinya kerajaan Islam.

(S04)

Tinggalkan Komentar Anda